Jumat, 04 November 2016

Fakta Unik Tentang Bersin

Fakta Unik Tentang Bersin

 Berkas:Petit Sammy éternue.jpg
Bersin merupakan suatu reaksi tubuh saat menolak benda asing masuk kedalam tubuh melalui hidung dan mulut dengan tekanan udara yang sangat kuat. Namun, tahukah kamu jika ternyata dibalik bersin terdapat beberapa fakta unik yang mungkin kamu belum tahu. Berikut fakta-faktanya:

1.       Jantung berhenti.
Hasil gambar untuk jantung
Pada masa kita bersin, secara refleks otot-otot   di sekitar muka dan dada menegang dan jantung juga berhenti berdegup hingga proses bersin selesai.

2.       Kecepatan udara bersin sangat cepat.
Hasil gambar untuk bersin
Udara yang terhembus ketika kita mengalami bersin mempunyai kecepatan hingga 70 m/detik (250 km/jam 160). Maka dari itu lendir atau benda-benda asing yang ada di mulut dan hidung akan keluar dengan sangat cepat.

3.       Bersin bisa meretakkan tulang rusuk.
Hasil gambar untuk rongga dada
Bersin pada umumnya hanya akan sedikit menggetarkan tulang dada dan rusuk. Namun, jika bersinnya terlalu keras dapat menyebabkan getaran pada tulang dada dan rusuk sehingga beresiko meretakkan tulang rusuk.

4.       Mencabut alis mata dapat menyebabkan bersin.
Hasil gambar untuk mencabut alis
Mencabut alis mata dapat menyebabkan bersin karena alis mata masih memiliki hubungan dengan syaraf di hidung sehingga dapat memicu bersin.

5.       Tidak mungkin bersin saat tidur.
Hasil gambar untuk tidur
Di saat tidur tubuh kita dalam kondisi istirahat, begitu pula dengan syaraf hidung. Jadi, saat tidur tidak mungkin untuk bersin.




5 komentar:

  1. Waduh, jadi takut bersin jadinya gan. Thanks infonya gan.

    BalasHapus
  2. info nya sangat bermanfaat,tapi untuk tampilan pada web ini terlalu kecil padahal terdapat ruang kosong yang msh banyak, munkin penataan space untuk artikel bisa diperbesar

    BalasHapus
  3. Ternyata dibalik bersin terdapat fakta yg menarik sebagai pengetahuan. Artikel cukup unik dan dapat diterima disemua kalangan. Good job rahadian👍

    BalasHapus
  4. Ternyata bersin kalau berlebihan bisa bahaya juga ya. Dan baru tahu juga kalau pas bersin sebenarnya kita "mati" sesaat

    BalasHapus
  5. materi yang sangat bermanfaat, ternyata bersin juga bisa juga menjadi yang menarik ya, wow, mantap jiwa

    cek blog saya : zhegha.blogspot.com

    BalasHapus